Pembelajaran SBdP tentang kolase, montase dan mozaik dari pengetahuan sampai praktiknya ada di Sekolah dasar bahkan kita temukan mulai kelas rendah. Seorang guru dengan kompetensi profesional yang dimiliki tentulah menguasai bahan ajar mengenai kolase, montase dan mozaik ini.

Kolase, montase dan mozaik sebagai salah satu keterampilan seni rupa dengan teknik tempel yang termasuk dalam kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Ketiga seni ini merupakan perpaduan dari beberapa seni rupa yaitu seni gambar, seni kriya, dan seni dekorasi juga ada unsur ilustrasi.

Pengetahuan Guru SD tentang keterampilan kolase, montase, dan mozaik merupakan keharusan sebagai modal melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran akan berjalan dengan efektif apabila seorang Guru menguasai bahan ajarnya.

Bagi anak Sekolah Dasar membuat karya seni adalah aktivitas yang menyenangkan. Meraka akan antusias ketika mempelajari tentang kolase, montase dan mozaik ini. Lalu apa yang dimaksud dengan kolase, montase dan mozaik tersebut dan apa perbedaan ketiganya?

KOLASE

Kolase adalah karya seni tempel yang komposisinya terdiri dari berbagai macam bahan yang ditempel pada permukaan pola.

Bahan yang digunakan dari berbagai jenis bahan. Bisa bahan dari alam, seperti batu, daun, ranting, bunga keriang, biji-bijian, kerang atau sejenisnya. Bisa juga berupa bahan olahan seperti plastik, kain flannel, karet, logan atau lainnya.

Berikut adalah contoh karya seni kolase peserta didik kelas IVB SDN Kandangan Kota 1 tahun pelajaran 2017/2018:

kolase
Kolase Karya Rava Azzahra Putri
Kolase
Kolase Karya Muhammad Yazid

 

MONTASE

Montase adalah karya seni tempel yang mengkombinasikan gambar-gambar jadi dari berbagai sumber menjadi susunan karya seni baru. Sumber yang dimaksud bisa dari koran bekas, majalah bekas, buku yang sudah tidak dipakai, pamphlet ataupun yang lainnya.

Jadi karya montase dapat dihasilkan dari gambar jadi dieksposisikan dengan gambar jadi lainnya. Misalkan gambar binatang dari majalah dipotong lalu ditempel pada permukaan media gambar dan digabungkan dengan gambar binatang lain dari buku, gambar rumah dari pamphlet menjadi sebuah karya gambarab baru pada media gambar yang sama.

Berikut contoh karya seni montase oleh peserta didik kelas IVB:

montase
Montase karya Athiya Nuhaashofa
montase
Montase karya Fina Nailatul Izzah

 

MOZAIK

Mozaik juga merupakan karya seni tempel yang mengkombinasikan kepingan bahan disusun membentuk sesuai yang diinginkan. Kepingan bahan bisa berupa kepingan kertas, kepingan kulit telur, kepingan keramik, kepingan kaca, kepingan daun, kepingan batu, kepingan kayu atau kepingan yang lainnya.

Kepingan ditempel pada media kertas, kanvas, bisa juga lantai atau dinding yang telah diberi pola dari berbagai macam bentuk kepingan yang tidak karuan. Kepingan dari berbagai warna sehingga membentuk gambaran yang diinginkan.

Berikut juga contoh karya seni mozaik peserta didik kelas IVB:

mozaik
Mozaik karya Indratno Prakasa
mozaik
Mozaik karya Fina Nailatul Izzah

 

PERBEDAAN KOLASE MONTASE DAN MOZAIK

Dari pengertian diatas dan contohnya masing-masing maka dapat kita simpulkan bahwa perbedaan kolase montase dan mozaik adalah dari bahan atau material yang ditempelkan. Kolase dari bahan yang berbeda jenis, montase dengan bahan dari gambar yang sudah jadi, sedangkan mozaik berupa susunan kepingan dengan jenis bahan yang sama.