Sebagai seorang guru kita tidak asing lagi dengan istilah belajar. Guru yang sehari-hari mendampingi peserta didiknya belajar menulis belajar membaca ataupun belajar mengenai suatu pokok pelajaran. Sering kali kita asyik melihat peserta didik belajar di kelas, belajar dengan kelompoknya,  ataupun sedang membaca di perpustakaan. Untuk dapat menyatakan bahwa peserta didik melakukan belajar atau tidak, maka kita perlu memahami tentang pengertian belajar secara umum.

Apa sebenarnya definisi belajar, banyak literatur yang memaknai belajar dengan pengertian yang berbeda-beda. Para ahli-pun berbeda pula dalam mendefinisikan belajar itu sendiri.

 

Pengertian Belajar Secara Umum

Kegiatan belajar merupakan suatu proses yang sangat fundamental atau paling pokok pada setiap jenjang pendidikan. Kegiatan itu akan maksimal apabila pelaku pendidikan memahami makna belajar itu sendiri supaya mampu untukmenyiapkan dan mengembangkan proses belajar peserta didiknya.

Secara umum belajar adalah proses yang dilakukan setiap individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku, baik dalam pengetahuan, keterampilan maupun sikap sebagai bentuk kesan dari pengalaman dari bahan yang telah dipelajari.

Proses belajar tersebut bukan hanya dilakukan di sekolah, tetapi bisa dimanapun, di rumah, atau di tempat umum seperti di pepustakaan, museum, laboratorium, hutan dan dimana saja.

Belajar merupakan tindakan dan perilaku pembelajar  yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh pembelajar itu sendiri yang akan menjadi penentu terjadinya atau tidaknya proses belajar.

 

Pengertian Belajar Menurut Teori-Teori Belajar

Berikut adalah pengertian belajar menurut beberapa teori belajar, yakni teori belajar behavioristik, kontruktivistik, kognitif dan humanistik;

  1. Teori Belajar Behavioristik

Teori behavioristik mendifinisikan bahwa belajar merupakan perubahan perilaku, khususnya perubahan kapasitas siswa untuk berperilaku (yang baru) sebagai hasil belajar, bukan sebagai hasil proses pematangan (pendewasaan) semata.

Selengkapnya, silahkan baca di : Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran

Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran

  1. Teori Belajar Kontruktivistik

Teori kontruktivisme mendefinisikan belajar sebagai aktivitas yang benar-benar aktif, dimana peserta didik membangun sendiri pengetahuannya, mencari makna sendiri, mencari tahu tentang yang dipelajarinya dan menyimpulkan konsep dan ide baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam dirinya.

Selengkapnya, silahkan baca di : Proses Belajar Menurut Teori belajar Konstruktivisme

Proses Belajar Menurut Teori belajar Konstruktivisme

  1. Teori Belajar Kognitif

Teori Kognitif memahami belajar bukan hanya sekedar mendapat stimulus dan menghasilkan respons yang mekanistik, tetapi belajar juga melibatkan kondisi mental didalam individu pembelajar yang berhubungan dengan persepsi, perhatian, motivasi dan lain-lain. Sehingga belajar dipahami sebagai suatu proses mental yang aktif dalam memperoleh, mengingat dan menunjukkan kedalam perilaku. Perilaku yang nampak tidak dapat diamati dan diukur apabila tidak melibatkan proses mental seperti kesadaran, motivasi, keyakinan dan proses mental lainnya.

Selengkapnya, silahkan baca di : Teori Belajar Kognitif dan Penerapannya dalam Pendidikan

Teori Belajar Kognitif dan Penerapannya dalam Pendidikan

  1. Teori Belajar Humanistik

Teori Humanistik memandang bahwa perilaku manusia ditentukan oleh dirinya sendiri, oleh faktor internal dirinya dan bukanpengetahuan ataupun kondisi lingkungannya.

Menurut teori humanistik, aktualisasi diri merupakan puncak perkembangan individu. Ia mampu mengembangkan potensinya dan merasa dirinya utuh, bermakna dan berfungsi (fully functioning person). Kebermaknaan perwujudan dirinya itu bukan saja dirasakan oleh dirinya sendiri, tetapi juga oleh lingkungan sekitarnya. Perkembangan itu yang dimaknai sebagai belajar oleh aliran teori belajar ini.

Selengkapnya, silahkan baca di : Teori Belajar Humanistik dan Penerapannya dalam pembelajaran

Teori Belajar Humanistik dan Penerapannya dalam pembelajaran

 

Demikian lah artikel kami tentang Pengertian belajar secara Umum dan menurut Teori-Teori Belajar. Semoga bermanfaat bagi kami dan kita para kawan guru sekalian.