Hampir setiap tingkatan kelas ada pembahasan sampai praktek oleh peseta didik membuat poster. Tulisan ini akan membahas apa itu poster sampai cara membuat poster, sebagai bahan pemahaman guru dalam bidang kompetensi profesionalnya dan bahan belajar peserta didik.

Pengertian Poster

Sederhananya poster adalah pensugesti berupa gambar dengan tulisan untuk melakukan kegiatan yang dikehendaki. Selebihnya, poster yang juga disebut “plakat” adalah merupakan karya seni atau juga desain grafis komposisi gambar dan huruf di atas kertas, ada yang berukuran besar atau kecil. Aplikasinya dengan ditempel kan pada dinding atau permukaan datar lainnya tujuannya mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karenanya poster sebaiknya dibuat dengan warna-warna menonjol, kontras dan kuat.

Seiring kemajuan tekhnologi, poster sekarang tidak hanya diatas kertas tapi bisa berupa file gambar yang pengamplikasiannya disebar dimedia-media sosial. Hal ini dipandang media sosial merupakan tempat umum yang strategis agar banyak orang mengetahuinya.

Ciri-Ciri dan Syarat Poster

Ciri-ciri Poster pada umumnya adalah sebagai berikut;

  1. Memuat komposisi yang terdiri dari gambar dan huruf di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
  2. Dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
  3. Menggunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami.
  4. Pengaplikasiannya ditempel pada dinding atau permukaan datar lainnya pada tempat umum yang membidik perhatian publik semaksimal mungkin.
  5. Poster dapat dibaca secara sambil lalu.

Sedangkan syarat poster bisa diuraikan sebagai berikut;

  1. Gambar dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang akan dikomunikasikan.
  2. Gambar dikombinasikan dengan tulisan.
  3. Poster harus mampu menarik minat khalayak.
  4. Poster menggunakan bahasa yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas dan berisi.
  5. Jenis font dan ukuran mudah dibaca.
  6. Media poster harus mempergunakan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek.
  7. Ukuran poster disesuaikan dengan tempat pemasangan serta target pembaca.

Tujuan Poster

Membuat poster bertujuan adalah untuk memberitahukan, menghimbau, mengingatkan dan mengarahkan pembaca atau penglihat ke arah tindakan tertentu. Arah tindakan itu bisa berupa ajakan atau larangan, contohnya supaya masyarakat peduli dengan tanaman atau supaya orang-orang jangan membuang sampah disungai.

Agar tujuan dari poster itu tercapai dengan optimal maka poster itu harus menjadi pusat perhatian dan diletakkan dkhalayak ramai dan strategis. Biasanya dipasang ditempat umum, seperti mall, pasar, kantor, sekolah, taman dan lain-lain.

Jenis Poster

Jenis poster bisa dibagi menjadi 2 bagian, jenis poster berdasarkan isinya dan jenis poster berdasarkan tujuan.

Jenis poster berdasarkan isinya:

  1. Poster Pendidikan adalah berisikan tentang pendidikan.
  2. Poster Layanan Masyarakat adalah poster yang berisikan pelayanan masyarakat, bisa berhubungan dengan kesejahteraan atau kesehatan masyarakat.
  3. Poster Niaga adalah poster yang berisikan urusan perniagaan atau perdagangan untuk menawarkan suatu barang atau jasa.
  4. Poster Kegiatan adalah poster yang berisi ajakan atau larangan tentang suatu kegiatan, seperti kegiatan gerak jalan, senam pagi, dll.

Jenis Poster berdasarkan tujuannya :

  1. Poster Propaganda adalah poster yang bertujuan sebagai penyemangat perjuangan atau usaha seseorang untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi lingkungan atau kehidupan.
  2. Poster Komersial adalah poster yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu, seperti halnya poster niaga.
  3. Poster Kampanye adalah poster yang bertujuan untuk memperoleh suara atau setidaknya mencari simpati masyarakat pada saat pemilihan umum.
  4. Poster ‘Wanted’ atau “Dicari“ adalah poster yang bertujuan mencari pekerja disuatu perusahaan atau tempat usaha dan bisa juga mencari orang hilang.
  5. Poster Afirmasi adalah posteryang bertujuan memotivasi pembacanya, berupa tentang kepemimpinan, dan lain-lain.
  6. Poster Riset adalah poster yang bertujuan mempromosikan kegiatan riset untuk mengundang para pelaku akademik agar ikut mengapresiasikan kegiatan tersebut.
  7. Poster Kelas adalah poster yang berada didalam kelas pelajar yang bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.

Cara Membuat Poster yang Menarik

Semakin kreatif seseorang maka akan membuat sebuah karya yang menarik, begitu juga dengan membuat poster. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat poster, selebihnya adalah kreatifitas si pembuat.

Menentukan topik dan tujuan.

Sebelum poster, tentukan apa yang ingin disampaikan dalam poster. Misalnya, ajakan untuk menghemat air. Maka topiknya harus berhubungan dengan penghematan air. Jangan sampai poster yang dibuat melenceng dari topik dan tujuan.

Komposisi Poster

Supaya poster dapat semaksimal mungkin mencapai tujuannya, maka komposisi poster antara gambar dan tulisan harus sesuai. Maka kita harus mencari tahu dan mengenal lebih banyak mengenai layout, gambar dan kata-kata yang singkat, jelas, padat, berisi dan tepat sasaran. Antara gambar dan tulisan kedua-duanya sedapat mungkin mensugesti orang yang melihat poster tersebut.

Bahan, Media dan Ukuran

Bahan, media dan ukuran disesuaikan dengan tempat kemana poster itu diaplikasikan. Apabila dibawah panas terik matahari dan terkena hujan makan bahan dan media haruslah yang tahan terhadap kondisi tersebut.

Demikan tulisan kami kali ini mengenai bahan pembelajaran atau bahan belajar, semoga bermanfaaat bagi guru, peserta didik atau praktisi pendidikan lainnya.