Lagi, untuk menjawab pertanyaan, Guru yang profesional itu seperti apa? yang kebanyakan Guru masih bingung untuk menjawab pertanyaan ini. Guru yang profesioanl itu salah satunya memiliki kompetensi profesional. Kita bahas pada tulisan kali ini.

Selain memiliki kompetensi pedagogik, sosial dan kepribadian, memiliki kompetensi profesional juga merupakan kemutlakan bagi seorang guru, termasuk bagi guru Sekolah Dasar. Dalam UU RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, menyatakan bahwa guru wajib memiliki keempat kompetensi tersebut.

Ditegaskan juga dalam Undang-Undang di atas bahwa seorang guru adalah seorang pendidik profesional yang memiliki tugas utama yaitu mengajar, mendidik, melatih, mengarahkan, membimbing,  menilai, dan mengevaluasi peserta didiknya. Konsekuensi Pemerintah terhadap Undang-Undang ini dengan memberikan tunjangan profesi sebesar 1 kali gaji pokok.

Pengertian Kompetensi Profesional

Profesional diambil dari kata profesi, profesi adalah suatu pekerjaan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan tertentu.

Profesional lawan kata dari amatiran, bekerja dengan kemampuan yang terbatas dan masih dikatakan kurang baik.

Profesional adalah suatu kegiatan seseorang yang menjadi sumber penghasilan kehidupannya yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan tertentu dengan standar mutu atau norma yang diperlukan dalam profesi tersebut.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan kompetensi profesional secara kesimpulannya adalah kemampuan seorang guru dalam penguasaan bahan ajar secara mendalam dan luas yang memungkinkannya dalam membimbing peserta didik dalam memenuhi standar kompetensi.

Cakupan Kompetensi Profesional

Cakupan kompetensi profesional seorang guru meliputi:

  1. Mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar sesuai mata pelajaran yang diampunya.
  2. Menguasai materi ajar, konsep, pola pikir, dan struktur keilmuan secara luas dan mendalam sesuai mata pelajaran yang diampunya.
  3. Mengembangkan materi ajar kedalam pembelajaran secara kreatif.
  4. Mengembangkan keprofesionalan dengan melakukan tindakan reflektif (Penelitian Tindakan Kelas) secara berkelanjutan.

Peta Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar

Berikut kompetensi profeesional Guru Kelas SD/MI dipetakan dalam Permendikbud No. 16 tahun 2007. Silahkan download dalam bentuk file Microsoft Word.

Download (DOCX, 16KB)

Demikianlah segala indikator dari kompetensi profesional Guru Kelas SD/MI. Semoga bermanfaat bagi kita semua.