Pertanyaan terdahulu, Guru yang profesional itu seperti apa? kebanyakan Guru masih bingung untuk menjawab ini. Nah salah satunya adalah memiliki kompetensi pedagogik. Tulisan kali ini kita akan membahas kompetensi tersebut.

Menguasai kompetensi pedagogik suatu kemutlakan bagi seorang Guru SD, juga bagi seluruh Guru pada umumnya. Guru yang menguasai memiliki kompetensi pedagogik dapat memilih mana yang paling baik untuk membantu perkembangan peserta didiknya.

Pengertian Kompetensi Pedagogik

Pedagogik dari bahasa Yunani kuno yang berarti membimbing; secara harfiah artinya “membimbing anak”. Di Yunani kuno, pengertian ini berlaku bagi budak yang ditugaskan untuk mengawasi pendidikan anak tuannya. Budak itu juga bertugas mengantar anak tuannya itu ke sekolah atau latihan, dan melayaninya.

Secara istilah pedagogik adalah disiplin yang berhubungan dengan teori dan praktik mengajar, sederhananya adalah ilmu atau seni mengajar. Pedagogik menginformasikan strategi pembelajaran, tindakan guru, rancangan aktivitas siswa, penilaian dan keputusan guru dengan mempertimbangkan teori pembelajaran, pemahaman siswa dan kebutuhan mereka, dan latar belakang dan kepentingan siswa individual.

Bisa disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik adalah seperangkat pengetahuan dan kemampuan mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman tentang perkembangan peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi untuk mengaktualisasikan pembelajaran yang mendidik .

Cakupan Kompetensi Pedagogik

Pedagogik mencakup bagaimana guru berinteraksi dengan siswa dan lingkungan sosial dan intelektual yang ingin dicapai guru. Meliputi berbagai praktik, tujuannya berkisar dari melanjutkan pendidikan liberal (pengembangan umum potensi manusia) ke spesifikasi pendidikan kejuruan yang lebih sempit (penyampaian dan perolehan keterampilan khusus).

Pedagogik merujuk pada penggunaan strategi pembelajaran yang mendidik. Sehubungan dengan strategi pembelajaran itu, filosofinya diterapkan dan dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman seorang Guru. Sekarang lebih kompleks lagi yakni merujuk pada seluruh konteks pembelajaran dan kegiatan yang berhubungan dengannya.

Kompetensi Pedagogik seorang Guru dapat diperoleh melalui upaya terus menerus dan sistematis, baik pada pendidikan (pra jabatan) maupun selama dalam bertugas, dengan didukung bakat, minat dan potensi keguruan lainnya.

Peta Kompetensi Pedagogik Guru Kelas SD/MI

Berikut kompetensi Pedagogik Guru Kelas SD/MI dipetakan dalam Permendikbud No. 16 tahun 2007. Silahkan download dalam bentuk file Microsoft Word.

Download (DOCX, 16KB)

Demikianlah segala indikator dari kompetensi pedagogik Guru Kelas SD/MI. Semoga bermanfaat bagi kita semua.