Kegiatan lembaga akan berjalan apabila ada ada sistem yang terjadwal, begitu juga lembaga pendidikan. Bagaimana mungkin pendidikan yang diselenggarakan dengan terencana tanpa adanya jadwal yang mengaturnya. Untuk itulah, penjadwalan dalam pendidikan termuat dalam kalender pendidikan. Dan bagi Guru perencana yang disusun berdasarkan kalender pendidikan ini menjadikannya tenaga pendidik yang profesional.

Kalender Pendidikan merupakan alokasi waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik sepanjang tahun yang mencakup dimulainya tahun pelajaran sampai akhir pelajaran yang didalamnya dirincikan hari efektif,  hari libur dan kegiatan lainnya.

Kalender Pendidikan sangat berguna bagi para guru untuk dijadikan acuan merencanakan kegiatan pembelajaran sepanjang tahun pelajaran yang ditempuh. Perencanaan itu meliputi program tahunan (prota), program semester (promes), Pemetaan Kompetensi Dasar, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Alokasi Waktu

Bagian yang terdapat dalam Kalender Pendidikan adalah sebagai berikut;

  1. Tahun Pelajaran

Tahun pelajaran adalah dimulai dari awal masuk awal pelajaran pelajaran di setiap satuan pendidikan. Tahun Pelajaran diawali pada bulan Juli dengan adanya penerimaan peserta didik baru.

  1. Minggu atau hari Efektif

Minggu atau hari efektif adalah jumlah minggu atau hari  yang bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran setiap tahun pelajaran pada satuan pendidikan.

  1. Libur

Waktu libur adalah dimana tidak adanya kegiatan pembelajaran pada waktu tersebut yang terjadwal pada setiap satuan pendidikan. Waktu libur berupa jeda semester, berakhirnya tahun pelajaran, hari keagamaan, hari libur  nasional, dan hari libur khusus oleh lembaga pemerintah kabupaten atau provinsi terkait masing-masing .

Fungsi Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan berfungsi sebagai

  1. Alat untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan atau sekolah.
  2. Menyerasikan ketentuan hari efektif dan libur sekolah.
  3. Pedoman dalam penyusunan program kerja sekolah.
  4. Acuan bagi para guru dalam penyusunan program tahunan (prota), program semester (promes), Pemetaan Kompetensi Dasar, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Kalender Pendidikan Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018

Berikut ini adalah Kalender Pendidikan bagi Sekolah-Sekolah dasar Negeri di satuan Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

 

Download (DOCX, 31KB)

Jumlah hari efektif semester 1 = 18 Minggu (112 hari).
Jumlah hari efektif semester 2 : 18 Minggu (105 hari). ( Sesuai Permendikbud No.22 Tahun 2016)