Kelengkapan administrasi sekolah kini menggunakan aplikasi online. Aplikasi Online tersebut seperti Dapodik, SIMPKB, PMP, info GTK dan lainnya. Untuk itu, sekolah membutuhkan tenaga ahli untuk menginput data atau mengoperasikan aplikasi tersebut, tenaga ahli kita kenal dengan Operator Sekolah. Pembahasan tentang operator sekolah akan bisa kita temukan dalam blog operator sekolah.

Seperti yang kita ketahui bahwa lembaga pendidikan di Indonesia ada tiga yaitu lembaga formal, informal, dan nonformal. dari ketiga lembaga tersebut tentu didalamnya memiliki mekanisme yang berbeda-beda baik dari status pegawai sampai dengan pembiyaannya. Tetapi ada satu yang selalu sama yakni adanya Operator Sekolah.

 

Siapakah Operator Sekolah?

Operator Sekolah merupakan tenaga yang diberi tugas oleh Kepala Sekolah untuk mengerjakan pendataan dalam melengkapi administrasi sekolah. Setidaknya operator sekolah mempunyai keahlian computer minimal office dan browsing.

Operator sekolah memiliki peran yang sangat penting karena menyangkut pendataan sekolah yang tujuannya untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat, valid,  lengkap, dapat dipertanggungjawabkan yang akan digunakan oleh Dinas Pendidikan Daerah sampai Kementerian Pendidikan sebagai data untuk perencanaan dan evaluasi program pendidikan.

Operator sekolah mempunyai komunitas di masing-masing daerah. Adanya komunitas memudahkan mereka dalam mengatasi kendala yang dihadapi ketika bekerja.

Memang, banyak kendala yang mereka hadapi,seperti tidak bisa menginstal aplikasi, tidak bisa menginput data, gagal menyimpan padahal sudah seharian bekerja, atau bahkan tidak bisa menyinkronkan apliasi ke server. Bukan hanya masalah dengan aplikasi, kadang mereka bermasalah dengan software dan hardware computer/laptop mereka. Bahkan komunitas bisa memberi semangat ketika mental mulai kendor.

Sialnya, jika ada kesalahan data operator menjadi sasaran, entah apa sebabnya. Kesalahan akan berdampak pada tenaga pendidik atau sekolah. Keterlambatan pencairan tunjangan atau dana BOS. Operator Sekolah menjadi sasaran empuk. Bijaknya Tenaga Pendidik dan kepala Sekolah akan membuat operator sekolah nyaman dan aman dalam bekerja.

 

Blog Operator Sekolah

Solusi kendala aplikasi pendataan online bisa kita temukan  secara online. Banyak blog atau situs yang membahasnya. Contoh salah satunya adalah www.sanjayaops.com.

Blog sanjayaops tempat berbagi informasi tentang operator sekolah seperti Dapodik, SIMPKB, PMP, Kurikulum 2013, Info GTK, NUPTK, NISN. Blog ini merupakan situs blogging yang bertujuan untuk berbagi ilmu dan wawasan, yang berisikan informasi tentang tutorial blogging, komputer, internet, SEO dan Pendidikan.

Harapan penulis Blog sanjayaops adalah dengan adanya blog sanjayaops, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi para pembacanya khususnya para operator sekolah.

 

Demikian pembahasan kami tentang blog pendidikan operator sekolah. Harapan kita menyadari betapa penting peran operator sekolah. Semoga artikel ini bermafaat.