Dalam pembelajaran di Sekolah Dasar akan ada membahas mengenai gaya otot. Pembahasan itu akan kita temukan di beberapa tingkatan kelas, kelas 3, 4, 5 bahkan sampai kelas 6 SD. Untuk melaksanakan pembelajaran tentang gaya otot tentulah seorang Guru harus menguasai terlebih dahulu karena menguasai bahan ajar merupakan bagian kompetensi profesional yang wajib dimiliki.

Saat kita mendorong benda atau menarik benda seperti mendorong meja, menarik kursi, mengangkat kotak atau mengangkat ember yang berisi air maka gaya tersebut disebabkan oleh aksi otot di tubuh kita. Gaya ini dikenal sebagai gaya otot. Gaya otot tidak akan lepas dengan kehidupan kita sehari-hari karena gaya itu ada pada diri kita. Sadar atau tidak disadari dengan memanfaatkan gaya otot kita dapat berjalan, berlari, mengangkat barang, bekerja dan kegiatan lainnya.

Pengertian Gaya Otot

Untuk memahami gaya otot maka kita pahami terlebih dahulu tentang gaya dan otot. Gaya adalah dorongan atau tarikan yang diberikan kepada suatu benda. Dengan adanya gaya maka dapat menimbulkan perubahan posisi benda, gerak atau terjadi perubahan bentuk pada benda. Sedangkan otot adalah suatu jaringan dalam tubuh manusia maupun hewan yang berperan sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan rangka tubuh manusia serta pergerakan dari organ dalam tubuh. Gaya Otot ditemukan oleh Luigi Galvani. Ia adalah seorang fisikawan dan dokter Italia yang tinggal di kota Bologna. Yang dimaksud dengan gaya otot adalah gaya berupa tarikan atau dorongan terhadap suatu benda yang ditimbulkan/ dihasilkan oleh tenaga otot manusia dan hewan. Ada juga yang mengartikan bahwa gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh manusia atau hewan misalnya pada saat sedang menarik, mendorong, mengangkat ataupun menahan suatu benda.

Manfaat Gaya Otot

Pemanfaatan Gaya Otot
No Manfaat Gaya Contoh Kegiatan
1 Memindahkan benda Sapi menarik pedati, seseorang mengangkat ember yang berisi air, memindahkan kursi dan meja, dan lain sebagainya.
2 Menggerakkan tubuh Berjalan, berlari, menoleh, mengangguk, meremas, dan lain sebagainya.
3 Melatih dan membentuk tubuh Push up, Sit up, Pull up, dan sebagainya.
4 Melakukan pekerjaan Memotong buah, mengayukan palu, menulis, mengetik dan lain sebagainya.
5 Mempertahankan postur tubuh Berdiri, jongkok dan duduk.