15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

Cara Guru Ciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan

Salah satu kunci yang bisa menentukan keberhasilan di dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas yaitu terciptanya suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Proses belajar mengajar yang efektif serta menyenangkan bakal memberi pemahaman yang baik dan bisa memberi perubahan terhadap perilaku. Sehingga dapat mengimplementasikannya di dalam diri para murid.

Di dalam proses pembelajaran, banyak cara dilakukan oleh para guru supaya muridnya tidak lekas merasa bosan. Ya, tenaga pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran seperti diskusi serta metode lain dan didukung oleh media penunjang, seperti video, audio & gambar.

Sebab, pada saat terdapat pembelajaran yang menghubungkan antara materi pelajaran dengan kondisi di dunia nyata. Maka murid bakal menggali kreativitas ketika proses kegiatan belajar mengajar tersebut.

Caranya yakni dengan mencari, mengidentifikasi, mengelompokkan, lalu menghubungkannya di dalam kehidupan keseharian. Proses belajar mengajar semacam itu biasanya disebut sebagai pembelajaran kontekstual dengan memberi contoh-contoh dari lingkungan sekitar yang dijumpai oleh murid.

unsplash.com

Bagaimana Tips Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan di Kelas?

Efektivitas pembelajaran merupakan sebuah indikator keberhasilan di dalam suatu proses interaksi antara murid. Bisa dengan murid dengan murid, lalu murid dengan gurunya dalam situasi yang edukatif guna meraih tujuan pembelajaran.

Nah, efektivitas pembelajaran tersebut dapat Anda ketahui melalui aktivitas murid selama berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar. Hal itu berkaitan tentang bagaimana murid merespon pembelajaran serta penguasaan konsep siswa.

Demi meraih suatu konsep pembelajaran yang efektif dan menyenangkan serta efisien, tentunya memerlukan adanya hubungan timbal balik antara murid dengan tenaga pendidik supaya dapat mencapai tujuan tersebut secara bersama.

Bukan hanya itu saja, agar tercipta suasana pembelajaran yang efektif dan efisien juga harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekolah, sarana prasarana, dan media pembelajaran yang dibutuhkan demi membantu tercapainya semua aspek perkembangan murid.

Proses pembelajaran yang efektif bisa membantu melatih serta menanamkan sikap demokratis untuk para murid dan juga dapat menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. Dengan kegiatan belajar mengajar yang efektif, bisa membantu dalam memberikan kreativitas murid agar mampu belajar dengan potensi yang terdapat dalam diri masing-masing.

Caranya yaitu dengan memberi kebebasan dalam rangka melaksanakan proses pembelajaran melalui cara belajarnya sendiri.

Tips Ciptakan Suasana Pembelajaran yang Efektif di Kelas

  1. Aturlah tempat duduk siswa sesuai dengan karakteristik dari murid serta mata pelajaran, dan juga aktivitas belajar mengajar yang hendak dilakukan.
  2. Volume serta intonasi suara dari tenaga pengajar di dalam proses pembelajaran juga harus bisa didengar dengan baik oleh semua murid.
  3. Sebagai tenaga pendidik, hendaknya tutur katanya harus santun serta bisa dimengerti oleh peserta didik.
  4. Guru harus bisa menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan serta kemampuan belajar siswanya.
  5. Mampu menciptakan ketertiban, kedisiplinan, keselamatan, kenyamanan, serta keputusan pada peraturan di dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
  6. Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, seorang guru harus mampu memberi penguatan & umpan balik terhadap respon serta hasil belajar siswanya selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.
  7. Guru harus mampu menghargai muridnya tanpa harus memandang latar belakang suku, agama, ras, jenis kelamin, serta status sosial ekonominya.
  8. Tenaga pengajar juga harus menghargai setiap pendapat dari siswanya.
  9. Selain itu untuk menunjang penampilan selama mengajar, guru harus mengenakan pakaian yang bersih, rapi, dan sopan.
  10. Agar kegiatan pembelajaran seorang guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan dipergunakan untuk mendukung materi ajar.
  11. Supaya tercipta suasana pembelajaran yang efektif, guru sebaiknya selalu memakai metode, model, serta media pembelajaran yang menarik.
  12. Mulai dan akhiri proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan.

Nah, itu tadi merupakan cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru supaya tercipta suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di kelas. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang krusial untuk tenaga pendidik demi menunjang keberhasilan selama berlangsungnya proses belajar mengajar. Semoga bermanfaat!

Baca juga

Related Posts

Posting Komentar