15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

Metode Menghafal Rumus Yang Mudah Diingat, Ini Wajib Anda Terapkan!

Mungkin akan banyak orang yang membutuhkan metode menghafal rumus yang mudah diingat. Apalagi untuk para pelajar pasti hal ini sangat dibutuhkan. Meningkat pasti mereka harus bisa memahami materi, terlebih jika pelajaran tersebut matematika.

Kegiatan menghafal rumus ini memang menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, bahkan kadang mereka hanya menghafal tanpa mengingatnya lagi. Karena memang kegiatan menghafal ini biasanya memang sulit untuk diingat kembali, sebagian orang hanya mengingat dalam jangka pendek.

 

pixabay.com

Begini Metode Menghafal Rumus yang Mudah Diingat

Bagi sebagian pelajar kegiatan menghafal ini merupakan kegiatan yang sangat sulit dan membosankan, padahal menghafal ini perlu untuk memahami materi pembelajaran. Biasanya menghafal rumus ini digunakan untuk matematika atau fisika, biasanya menghafal rumus ini diperlukan ketika akan ujian.

Nah tanpa metode khusus tentunya akan sulit untuk menghafalkan rumus terutama jika rumus tersebut sulit dan harus terus diingat. Untuk itu berikut ini beberapa metode menghafal rumus yang bisa Anda lakukan agar mudah diingat.

Kuatkan Niat

Metode menghafal rumus yang mudah diingat pertama yakni Anda terlebih dahulu harus menguatkan niat sebelum menghafalkan rumus. Karena tentunya tanpa niat semua hal akan sulit untuk dilakukan, makanya sebelum menghafal Anda terlebih dahulu harus memiliki niat.

Nah ketika Anda sudah memiliki niat pasti akan sangat mudah untuk menghafalkan rumus, ketika memang Anda tidak menyukai pelajaran tersebut namun sebaiknya tetap niatkan untuk belajar. Sehingga nantinya materi rumus yang Anda hafalkan tersebut akan mudah diingat.

Pahami Maknanya

Metode selanjutnya sebaiknya Anda juga memahami maknanya bukan hanya menghafalkannya, karena dengan memahaminya pasti akan mudah mengingatnya. Selain itu ketika Anda tidak memahami maknanya dan hanya sekedar menghafalkan pasti akan sulit untuk mengingatnya dalam jangka waktu yang lama.

Untuk itu ketika Anda ingin menghafalkan rumus tersebut sebaiknya Anda juga memahami maknanya, meskipun hal ini membutuhkan lebih banyak waktu. Namun dengan memahami maknanya Anda tidak hanya menghafal rumus tersebut dalam jangka pendek namun bisa menghafalnya hingga jangka waktu yang lama.

Sering Latihan

Metode menghafal rumus yang mudah diingat selanjutnya adalah dengan sering latihan. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah menghafal dan memahami rumus. Karena dengan cara menulis rumus berkali-kali biasanya Anda juga akan mudah menghafalkannya, dan mudah diingat di otak.

Sedangkan ketika Anda sering latihan menggunakan rumus tersebut maka Anda pasti akan jauh lebih paham dengan materi tersebut. Makanya ketika Anda ingin menghafalkan dan memahami rumus tersebut Anda bisa sering latihan.

Tidur yang Cukup

Ternyata kualitas tidur ini juga akan mempengaruhi daya ingat Anda. Makanya dengan tidur yang cukup ini Anda akan lebih mudah untuk memahami rumus tersebut. Nah Anda bisa menghafalkan rumus ketika sebelum tidur, karena biasanya ingatan permanen ini tercipta ketika malam hari.

Untuk itu Anda harus memiliki kualitas tidur yang baik agar bisa dengan mudah untuk menghafalkan rumus, makanya sebelum menghafal Anda harus memperbaiki kualitas tidur. Dengan ini Anda juga jadi lebih mudah untuk mengingat rumus tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

Buat Kegiatan Menghafal menyenangkan

Selanjutnya Anda juga bisa menghafalkan rumus ini dengan cara yang menyenangkan, misalnya menggunakan lagu atau permainan. Sehingga dengan ini rumus akan mudah dihafalkan karena metode menghafal rumus yang mudah diingat ini menyenangkan dan tentunya tidak akan membosankan.

Baca juga

Related Posts

Posting Komentar