15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

Cara Menghadapi Murid Bandel di Sekolah Untuk Guru

Cara menghadapi murid bandel di sekolah yang seorang guru terapkan tidak boleh dilakukan sembarangan atau semaunya saja. Hal ini karena dapat menambah kebandelan murid dan tidak akan membuat murid semakin patuh. Oleh karena itu diperlukan cara atau tips yang tepat untuk menangani murid yang bandel, agar murid menjadi lebih patuh dan tidak bandel lagi.

pixabay.com

 

Cara Menghadapi Murid Bandel di Sekolah

Guru pastinya mengetahui dalam sebuah kelas pasti berisi murid yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang rajin, patuh ada pula yang bandel, suka mencari keributan dan susah diatur. Hal ini pastinya menjadi peran tersendiri bagi guru untuk mengatur anak muridnya.

Hal yang menjadi tantangan adalah adanya murid yang bandel dan susah diatur. Murid tersebut biasanya berlaku tidak disiplin, suka ribut ketika pelajaran berlangsung, berisik dan berbagai perilaku lain yang dapat mengganggu murid lainnya saat pelajaran berlangsung.

Oleh karena itu guru harus menghadapinya dengan cara yang tepat agar si murid tidak mengganggu murid lainnya lagi. Dalam hal ini guru pastinya harus menggunakan kesabaran ekstra mengingat murid yang akan dihadapinya susah diatur. Nah, berikut ini adalah cara menghadapi murid bandel di sekolah yang dapat para guru terapkan:

Beri Peringatan Secara Halus atau Non Verbal

Jika ada seorang murid yang gaduh saat proses belajar, maka sebagai seorang guru jangan mengingatkan siswa dengan suara yang keras. Dengan suara guru yang tinggi cenderung akan membuat murid ikut menaikan suara juga.

Oleh karena itu, guru dapat memberi peringatan dengan menggunakan gerak tubuh. Misalnya yaitu meletakkan telunjuk di depan bibir dengan diam dan menatap semua murid. Jika murid sudah tenang maka proses belajar dapat dilanjutkan kembali.

Memberikan Hukuman yang Positif

Jika murid sudah terlalu bandel, maka guru dapat memberikannya hukuman agar si murid tidak mengulangi kebandelannya lagi. Namun perlu diperhatikan bahwa hukuman yang akan diberikan haruslah hukuman yang positif dan benar-benar akan membuat murid menyadari kesalahannya dan tidak akan mengulanginya lagi. Janganlah memberikan hukuman dengan dimarahi, dibentak bahkan diberi hukuman fisik. Hal tersebut malah akan membuat murid semakin sulit diatur bukannya mereka menjadi jera.

Buat Kesepakatan atau Perjanjian

Membuat kesepakatan juga dapat digunakan sebagai cara menghadapi murid bandel. Guru dan murid dapat membuat kesepakatan apa yang harus dilakukan dan hukuman apa yang diterima oleh murid jika ia melanggar kesepakatan. Dalam hal ini guru dan murid harus mematuhi kesepakatan tersebut. Hukumannya juga harus tegas dilakukan jika murid melanggar kesepakatan tersebut.

Berkomunikasi Dengan Orang Tua

Untuk beberapa kasus murid yang bandel, guru dapat berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang tua si murid. Koordinasi tersebut akan membuat guru dan orang tua lebih memahami murid saat dirumah maupun di sekolah. Akibatnya pun guru dan orang tua murid dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi si murid.

Jangan Memberi Label Pada Murid

Kadang kala murid yang bandel sering mendapat label yang kurang bagus, misalnya si A anak nakal, si B anak bandel dan label lainnya. Label atau julukan tersebut tidak akan membuat kenakalan murid teratasi, bahkan malah dapat menambah kebandelannya. Oleh karena itu cara menghadapi murid bandel ini janganlah memberi label yang buruk pada murid karena hal tersebut malah dapat membuat murid terlihat semakin buruk.

Baca juga

Related Posts

Posting Komentar