15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

Tips Menjadi Guru Favorit di Zaman Milenial, Berikut Penjelasannya

Tips menjadi guru favorit ternyata tidaklah mudah. Kita tahu bahwa Guru adalah sosok yang sangat berjasa dalam kehidupan kita. Tanpa guru kita bisa saja menjadi buta. Tidak tahu tentang bagaimana cara membaca, menulis, dan lainnya. Buta huruf, buta warna, dan buta akan pengetahuan dunia. Itu sebabnya, guru adalah sosok yang paling berjasa dalam dunia pendidikan.

Salah satu tantangan yang harus dihadapi seorang guru adalah mendapati mood murid yang bisa tiba-tiba mendukung proses pembelajaran, tetapi tiba-tiba juga bertolak belakang. Hal tersebut memang menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu menjadi guru favorit di sekolah ataupun kelas adalah hal yang penting.

Sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, menjadi seorang guru juga bukan hal yang mudah. Seorang guru itu harus untuk bisa mengajarkan ilmu serta menjadi contoh yang baik untuk murid-muridnya di sekolah. Sosok tersebut juga menjadi jembatan pengantar ilmu, tetap harus mengikuti perkembangan zaman.


Beberapa Tips Menjadi Guru Favorit Zaman Sekarang

Menjadi guru favorit zaman milenial menjadi tantangan yang memang tidaklah mudah. Menghadapi murid-murid zaman milenial juga membutuhkan keahlian yang lebih. Tidak akan cukup jika hanya dengan mengandalkan materi pelajaran serta ilmu pengetahuan saja. Terdapat beberapa hal yang harus guru tersebut lakukan untuk bisa akrab dengan murid.

Inovatif dan Kreatif

Tips menjadi guru favorit adalah harus selalu kreatif dan inovatif. Ketahuilah bahwa pembelajaran yang monoton akan membuat murid bosan juga jenuh selama masa pembelajaran. Dengan demikian itu, membutuhkan metode pembelajaran yang sifatnya menyenangkan.

Guru yang baik itu mampu untuk menghadirkan suasana pembelajaran menyenangkan tersebut. Suasana rileks tersebut menjadikan pembelajaran rileks. Dengan demikian itu siswa juga akan lebih mudah menangkap materi apa yang Anda sampaikan.

Bukan Hanya Guru Tapi juga Sahabat

Kemudian tips menjadi guru favorit di era milenial ini adalah kita tidak hanya menjadi sosok guru untuk murid saja. Tetapi juga menjadi sahabat baik untuk mereka. Bagaimana caranya? Dengan cara selalu bersikap ramah. Karena yang demikian itu bisa menciptakan suasana kekeluargaan dalam sekolah.

Tidak hanya itu saja dampak positifnya, jika seorang guru itu ramah terhadap muridnya. Melainkan juga akan menumbuhkan suasana yang positif. Pada intinya dalam hal ini murid itu bisa menjaga etika juga sopan santun dengan guru-gurunya.

Adil dan Tetap Sabar

Selanjutnya tips menjadi guru favorit adalah dengan cara tetap sabar dan adil. Salah satu tantangan yang kerap kali dihadapi oleh seorang guru ketika berhadapan dengan adanya berbagai karakter siswa. Untuk itu sebagai guru Anda juga harus tetap sabar dalam memberikan bimbingan kepada anak didik. Ada juga harus mengetahui bagaimana caranya menahan dengan adanya berbagai macam kelakuan dari siswa tersebut.

Sebagai seorang guru favorit yang bukan hanya sebatas guru saja dan juga menjadi sahabat maka anda harus tetap sabar. Dengan begitu secara perlahan nantinya siswa akan berubah serta berkembang.

Humoris

Bukan tidak mungkin seorang siswa itu merasa tidak suka dengan pelajaran tertentu karena gurunya cuek. Maka solusi terbaiknya adalah Anda menjadi guru yang humoris.

Sampaikan materi dengan cara yang unik namun tetap mudah dipahami oleh siswa. Ketika mengajar juga tidak harus selalu dengan keadaan yang tegang serta kaku. Karena memang pada kenyataannya suasana tersebut menyebabkan pembelajaran menjadi tidak nyaman.

Sekali dua kali guru itu perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam hal ini sikap humoris Terkadang juga perlu ditekankan guna menciptakan suasana yang nyaman. Humoris dalam artian ini guru berperan bukan sebagai pelawak. Hanya saja melakukan sesuatu yang bisa mengundang tawa murid ketika pembelajaran.

Tips menjadi guru favorit yang tidak terlewatkan adalah menghargai murid. Guru itu juga harus menghargai setiap karya dari muridnya. Jangan lupa pula untuk selalu memberikan pujian.

Baca juga

Related Posts

Posting Komentar