15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

Metode Pembelajaran yang Menarik dan Tidak Membosankan Bagi Siswa

Metode pembelajaran yang menarik pastinya penting diterapkan selama proses pembelajaran agar para siswa tidak mudah bosan. Proses pembelajaran pastinya adalah hal yang sangat penting untuk para siswa, akan tetapi jika siswa merasa bosan dan tidak konsentrasi saat proses KBM, tentu saja pelajaran yang diajarkan tidak akan mudah dimengerti oleh siswa. Akibatnya siswa jadi kurang memahami materi pembelajaran dan dapat berpengaruh pada nilainya nanti saat ujian.

unsplash.com

Metode Pembelajaran yang Menarik dan Tidak Membosankan

Sebagai seorang guru, memberikan pelajaran dan membuat peserta didiknya paham akan materi yang diajarkan adalah sebuah kepentingan. Oleh karena itu, para guru banyak menggunakan metode pengajaran yang bermacam-macam.

Akan tetapi tentunya tidak semua metode tersebut berhasil diterapkan. Pastinya ada beberapa metode yang kurang efektif dan kurang berhasil. Menggunakan metode yang menarik efektif dalam setiap pembelajaran pastinya penting dilakukan agar dapat menumbuhkan semangat baru bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Akibatnya siswa akan merasa senang saat belajar, tidak merasa terbebani, merasa betah, dan mudah memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Lalu seperti apakah metode pembelajaran yang menarik yang dapat diterapkan di kelas? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Menggunakan Teknologi yang Ada

Jika biasanya guru mengajar dengan cara menulis di papan tulis, pastinya para siswa sudah terbiasa dan bukanlah hal yang menarik lagi. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika guru menggunakan kecanggihan teknologi yang ada. Seperti mengajar menggunakan laptop dan menampilkan materi pelajaran lewat proyektor.

Hal ini pastinya akan menimbulkan ketertarikan dari para siswa. Selain itu, guru juga dapat menambahkan video pembelajaran tentang suatu materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian dan mengarahkan fokus siswa. Dengan begini maka proses pembelajaran akan semakin menyenangkan apalagi bagi anak usia SD.

Jangan Terlalu Serius

Metode pembelajaran yang menarik selanjutnya yaitu guru dapat menyisipkan humor dalam proses pembelajaran agar kelas tidak terlalu serius. Pembelajaran yang terlalu serius malah akan membuat suasana kelas menjadi kaku dan dapat membuat siswa merasa tertekan. Hal ini pastinya membuat siswa merasa tidak nyaman dan ingin segera pembelajaran berakhir.

Oleh karena itu, guru dapat menyisipkan humor atau candaan di sela-sela proses pembelajaran agar siswa tidak merasa tertekan dan dapat mengurangi tingkat keseriusan. Sehingga murid menjadi lebih nyaman dalam belajar.

Selain itu, sifat humor juga dapat menjadi salah satu cara untuk membangun kedekatan antara guru dan siswa dimana seorang guru biasanya akan ditakuti oleh siswa.

Ajak Siswa untuk Melakukan Praktek

Dengan mempelajari materi secara terus menerus pastinya akan membuat siswa bosan. Oleh karena itu guru dapat mengajak siswa melakukan praktek langsung mengenai materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Hal ini pastinya akan lebih menarik minat siswa dan akan mengusir rasa bosannya.

Siswa pun juga akan lebih memahami pelajaran karena bukan hanya mempelajari materinya saja tetapi juga melakukan praktek secara langsung.

Buatlah Proses Pembelajaran Menjadi Lebih Interaktif

Metode ini dapat dijalankan dengan mengajak siswa untuk berdiskusi tentang suatu hal dalam materi pembelajaran. Dengan menerapkan metode ini nantinya juga dapat melatih siswa untuk mengeluarkan pendapat. Di lain sisi juga bisa untuk melatihnya memecahkan masalah dengan berdiskusi.

Masalahnya yaitu tidak semua siswa berani mengeluarkan pendapatnya. Di sinilah peran penting seorang guru untuk membuat cara bagaimana agar siswa dapat dan berani mengeluarkan pendapatnya. Metode pembelajaran yang menarik ini pun akan memberikan keberanian bagi siswa untuk berbicara di depan umum.

Baca juga

Related Posts

Posting Komentar