15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

Metode Belajar Membaca Cepat, Terapkan agar Anak Makin Fasih Membacanya!

Bagi para orang tua, khususnya Bunda, harus tahu apa saja metode belajar membaca cepat, agar anak makin pintar dan fasih membacanya. Memang sebagai orang tua lupa akan adanya proses belajar membaca. Hingga pada akhirnya memutuskan untuk memulai mengajarkan sendiri anak membaca di rumah.

Mungkin berlawanan dengan apa yang diyakini sebagai para orang tua, bahwa belajar membaca bukan proses alami dapat terjadi dengan sendirinya.

pixabay.com

Inilah Metode Belajar Membaca Cepat

Ada berapa metode belajar membaca cepat yang perlu Bunda tahu? Terdapat banyak sekali yang bisa dipilih sesuai keinginan pribadi. Belajar membaca merupakan hal kompleks yang membutuhkan cara pengajaran secara tepat dari berbagai ketrampilan dan strategi. Seperti melatih fonik guna memahami keterkaitan antara huruf, suara, dan kesadaran fonemis.

Meskipun belajar membaca proses secara kompleks, langkah benar untuk mengembangkan keterampilan ini terbilang lumayan sederhana dan mudah. Apa saja itu? Berikut metode belajar memang harus Bunda terapkan pada anak.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Komunikasi

Tingkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi pada anak. Jadi dengan membaca, mereka akan tahu ada beberapa kata sama, tapi artinya berbeda. Anak akan menjadi tahu penggunaan kata tersebut sesuai konteks. Kemampuan komunikasinya pun akan semakin meningkat hanya dengan cara satu ini.

Ajak Anak Bermain Magnet Huruf

Suara vokal tengah dapat menjadi pelajaran sulit untuk beberapa anak. Itulah sebabnya kegiatan tersebut dapat memantau secara ampuh. Siapakan magnet huruf pada papan atau lemari es dan pisahkan huruf vokal ke satu sisi. Ucapan kata konsonan-vokal, misalnya "Kucing".

Kemudian mintalah anak untuk mengejanya menggunakan magnet. Untuk membantu, Bunda harus bisa mengucapkan setiap suara vokal dengan keras sambil menunjuk hurufnya. Kemudian tanyakan pada anak suara mana yang sama dengan suara tengah pada kata tersebut.

Memanfaatkan Kemampuan Teknologi untuk Membuat Anak dalam Belajar Membaca

Belajar membaca harus menjadi proses menyenangkan agar anak tetap termotivasi dalam meningkatkan kemampuannya. Kadang seorang anak mungkin penuh kegembiraan dan keinginan untuk belajar di awal, tapi begitu kesulitan bisa merasa kewalahan dan mudah menyerah. Bunda mungkin bisa menggunakan pelajaran mandiri melalui aplikasi atau website di ponsel canggih.

Klasifikasikan Genre Buku

Ketika ingin memulai membacakan buku pada anak, mungkin bingung dalam memilih genre apa sebaiknya dibacakan untuknya. Begitu pula anak, belum tahu genre buku mana yang akan digemari. Bunda bisa menyiasatinya dengan membacakan genre buku berbeda setiap minggunya.

Nah, jadi dari sinilah Bunda bisa melihat topik apa yang akan diminta si anak. Selain genre buku, Bunda juga bisa sesekali mencicipi beberapa jenis buku, seperti buku interaktif buku bergambar, buku pop up, atau buku lainnya.

Buatlah Jadwal Membaca

Metode selanjutnya adalah harus membuat jadwal membaca secara rutin. Maka dengan adanya jadwal ini akan membaca budaya membaca sangat anak makin lebih maksimal dan ketal. Jika membaca sudah menjadi kegiatan rutin sejak kecil, maka akan cenderung terus melakukanya hingga besar.

Arahkan Anak untuk Membaca Tulisan

Metode belajar membaca cepat lainnya adalah dengan mengarahkan si anak untuk membaca tulisan. Bunda bisa mengarahkan si anak untuk membaca tulisan apa saja telah ditemuinya. Cara ini akan menjadi alternatif paling mudah dilakukan. Jadi frekuensi membaca akan lebih sering meskipun hanya dalam waktu singkat saja. Selain itu, cara ini juga akan menjadi permainan bagi anak agar tidak bosan belajar membaca.

Beberapa metode belajar membaca cepat di atas tersebut harus Bunda terapkan pada anak ya, agar anak makin cepat dan maksimal membacanya. Perlu diingat ketika mengajar sang buah hati harus dengan kesabaran.

Baca juga

Related Posts

Posting Komentar