Begini Cara Menghadapi Siswa yang Sulit Menerima Pelajaran

Begini Cara Menghadapi Siswa yang Sulit Menerima Pelajaran

Memang cara menghadapi siswa yang sulit menerima pelajaran ini seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para guru atau tenaga pendidik. Karena memang karakter setiap pelajar dalam memahami pelajaran ini akan berbeda-beda, sehingga tidak semua pelajar akan mudah paham dengan materi pelajaran yang disampaikan.

Mungkin di suatu kelas kita sering menemukan anak yang memang mudah paham dengan pelajaran yang disampaikan, dan ada juga yang sering merasa kesulitan. Namun sebenarnya hal ini tidak hanya bersumber dari murid tersebut. Karena guru juga berperan penting untuk membuat murid paham dengan pelajaran.

Begini Cara Menghadapi Siswa yang Sulit Menerima Pelajaran

Sehingga sudah seharusnya guru ini juga mencoba untuk melakukan beberapa cara agar materi yang disampaikan bisa dengan mudah dipahami siswanya. Apalagi tidak semua anak memiliki kemampuan daya serap yang baik, sehingga guru harus benar-benar bisa menerapkan metode pembelajaran yang mudah dipahami.

Nyatanya anggapan bodoh bagi anak yang sulit memahami pelajaran tidak benar, karena ketika hal ini ditangani maka mungkin bagi mereka untuk meraih prestasi. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi siswa yang sering kesulitan menerima materi pelajaran.

Pahami Karakteristik Anak

Cara menghadapi siswa yang sulit menerima pelajaran yang pertama dengan memahami karakteristik anak terlebih dahulu. Seperti apakah anak tersebut malas, pendiam, atau memiliki sifat yang berbeda dengan temannya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memilih metode pembelajaran yang tepat.

Dengan menyesuaikan karakteristik si anak, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan metode pembelajaran yang akan dipilih agar si anak mudah paham. Dengan hal ini Anda tidak perlu kesulitan lagi untuk membuat anak paham dengan materi pembelajaran yang disampaikan.

Memilihkan Tempat Duduk yang Tepat

Cara selanjutnya Anda bisa memilihkan tempat duduk yang tepat ketika berada di kelas. Karena nyatanya tempat duduk ini juga bisa mempengaruhi kemampuan memahami pelajaran. Sebaiknya ditempatkan anak yang lambat dalam memahami pelajaran pada bagian depan, tentunya dengan ini dia akan lebih jelas untuk mendengar materi yang disampaikan.

Selain itu, ketika guru menempatkan anak yang sulit memahami pelajaran di bagian depan guru juga akan lebih mudah untuk mengontrol anak tersebut. Sehingga memungkinkan siswa lebih mudah untuk fokus dan memahami pelajaran yang disampaikan guru.

Berikan Teman Sebangku yang Cerdas

Cara menghadapi siswa yang sulit menerima pelajaran berikutnya adalah dengan menempatkan dia di dekat teman yang lebih cerdas dan suka membantu. Dengan ini nantinya jika dia merasa kurang paham maka bisa langsung menanyakan ke teman sebangkunya.

Namun Anda harus memastikan jika teman sebangkunya memang memiliki jiwa penolong dan suka membantu. Sehingga si anak akan mudah memahami pelajaran yang kurang dimengerti. Selain itu dengan memberikan teman yang cerdas maka ada kemungkinan si anak akan termotivasi untuk belajar.

Memberikan Tugas Tambahan

Cara selanjutnya Anda juga bisa memberikan tugas tambahan terkait materi yang kurang dipahami si anak. Dengan membuat mereka terus berlatih dengan materi yang kurang dipahami, bukan tidak mungkin jika seiring waktu mereka akan mudah memahaminya.

Memberikan Motivasi

Motivasi ini juga menjadi hal yang penting untuk membuat anak semangat dalam belajar dan memahami materi pelajaran. Cara menghadapi siswa yang sulit menerima pelajaran ini harus didukung dengan motivasi orang tua, guru dan lingkungan di sekitar si anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar