15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

Inilah Cara Belajar Komputer Sendiri Tanpa Kursus untuk Para Pemula!

Cara belajar komputer sendiri juga ternyata cukup ampuh. Dengan belajar secara mandiri, artinya Anda dapat lebih berhemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kursus.

Saat ini kita sudah berada di masa yang serba digital. Itulah kenapa, kemampuan menggunakan komputer sangat dibutuhkan agar tidak ketinggalan zaman.

Meski terlihat sulit bagi yang sama sekali belum pernah mencobanya, namun bermain komputer sama seperti menggunakan teknologi lainnya. Semakin lama Anda akan menjadi terbiasa. Berikut ini beberapa cara mudah untuk Anda yang ingin belajar komputer secara mandiri.

 


Cara Belajar Komputer yang Mudah untuk Pemula

Di era sekarang ini jika tidak bisa memakai rasanya sudah sangat ketinggalan zaman. Hal itu karena saat ini semua sudah serba digital yang sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari.

Jika dulu penggunaan komputer hanya fokus pada dunia IT atau berbagai ilmu teknologi saja, tetapi saat ini sudah berkembang ke berbagai aspek kehidupan manusia. Proses belajar mengajar di instansi pendidikan hingga berbagai pekerjaan saat ini membutuhkan peran komputer di dalamnya.

Mudahnya, komputer hadir untuk mempermudah berbagai kegiatan manusia. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum akrab dengan teknologi komputer. Padahal, belajar komputer dapat dilakukan siapa saja bahkan tanpa bantuan kursus.

Berikut ini cara mudah untuk mempelajari komputer bagi Anda yang masih pemula!

Belajar dari Teorinya

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah belajar teori terlebih dahulu. Anda wajib menguasai teori agar tidak kagok saat mulai prakteknya. Ada banyak sekali sumber yang bisa Anda gunakan untuk mendapat teori ini.

Jika memiliki biaya lebih, maka Anda bisa membeli buku-buku bertema komputer. Namun, jika tidak ada juga Anda masih bisa melihat materinya di internet secara gratis.

Anda juga bisa menggunakan teknologi YouTube agar lebih mudah memahami materi secara visual.

Mengenal Komponen di Dalam Komputer

Salah satu cara belajar komputer yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengenal berbagai komponen di dalam komputer. Ha ini harus Anda perhatikan agar tidak salah memencet dan berakibat fatal.

Selain mengetahui namanya, Anda juga harus tahu fungsi dari komponen. Sebagai contoh ada tiga komponen penting dalam komputer, yaitu monitor, processor, dan harddisk.

Monitor merupakan layar dari komputer itu sendiri yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau tulisan. Sedangkan processor adalah mesin yang membuat komputer dapat beroperasi untuk membuat dokumen, memutar video, dan sebagainya. Terakhir ada harddisk yang merupakan tempat penyimpanan file di komputer.

Itu hanya tiga dari sekian banyak komponen komputer yang tentunya akan Anda ketahui sedikit demi sedikit selama proses belajar.

Praktek Langsung di Komputer

Cara belajar komputer ini sangat ampuh agar dapat menjadi lebih cepat lancar. Semakin sering Anda memegang komputer, maka akan semakin terbiasa sehingga menguasai dengan lebih cepat.

Anda bisa membeli perangkat komputer murah yang saat ini banyak berada di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan komputer di sekolah, perpustakaan umum, atau warnet (tempat rental) untuk menguji kemampuanmu.

Jangan takut Memulai

Hal yang paling utama dalam belajar komputer adalah tidak takut memulai dan percaya diri. Dengan begitu, maka Anda akan lebih fokus kepada perkembangan daripada memikirkan kekurangan dalam diri.

Pada hakikatnya, belajar komputer memang tidak terlalu sulit. Semakin Anda sering menggunakannya, maka akan semakin mudah memahami cara kerjanya. Semua orang bisa mencoba cara belajar komputer ini agar selalu dapat mengikuti perkembangan zaman digital dan bersaing dengan banyak orang di seluruh dunia.

Baca juga

Related Posts

Posting Komentar