15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

Energi; Pengertian, Jenis, Perubahan, Sumber, dan Energi Alternatif

energi

Energi
selalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, karena energi adalah sesuatu yang penting bagi kehidupan manusia. Ada energi listrik, energi otot, energi bunyi dan sebagainya. Ada energi yang disediakan alam dan ada energi yang harus diupayakan oleh manusia.

Mari kita pahami energi, mulai dari apa yang dimaksud pengertian energi, sumber energi, perubahan bentuk energi dan sumber energi alternatif.

Artikel ini merupakan materi pelajaran untuk kelas 4 sekolah dasar mata  pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan kompetensi dasar ‘mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari’. Dengan dilengkapi dari materi asal.

Apa yang dimaksud dengan energi?

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (usaha) atau untuk melakukan suatu perubahan.

Kerja atau usahan maksudnya saat kamu berjalan, belajar, bermain dan aktivitas lainnya, kamu membutuhkan energi agar tubuh dapat bergerak. Nah, energimu itu berasal dari makanan. Jadi, makanan adalah sumber energi manusia dan hewan.

Sedangkan yang dimaksud melakukan suatu perubahan sebenarnya sama saja. Ketika kamu berjalan akan terjadi perubahan dengan berpindah tempat. Contoh lain, ketika lampu yang sebelumnya tidak menyala lalu menjadi menyala, nah disitulah energi listrik dibutuhkan.

Apa saja macam energi?

Berikut ini rangkuman macam-macam energi atau jenis-jenis energi;

1. Energi Otot

Energi otot adalah energi yang berasal dari otot dalam tubuh manusia atau binatang. Dengan energi otot manusia atau binatang dapat menggerakkan organ tubuhnya untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Contoh energi otot adalah manusia berjalan, manusia mengangkat buku, sapi menarik pedati.

2. Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang muncul karena perpindahan muatan-muatan listrik. Energi listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan dalam hidup berumah tangga.

Contoh energi listrik dalam kehidupan sehari-hari; Telivisi menyala karena disalurkan ke sambungan lsitrik, Lampu yang menerangi ruangan atau lapangan, air dalam sumur dapat dialirkan ke kran dalam rumah karena mesir yang disambungkan ke listrik, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

3. Energi Panas

Energi panas adalah energi yang muncul akibat adanya pengaruh panas. Energi panas disebut juga dengan energi kalor.

Matahari merupakan sumber energi panas terbesar di alam semesta. Energi matahari dimanfaatkan tumbuhan untuk berfotosintesis, menjemur pakaian, menghangatkan tubuh, dan banyak lagi manfaat yang lain.

Berikut 5 Contoh energi panas dan kegunaannya

  1. Matahari untuk menjemur pakaian
  2. Setrika untuk merapikan baju
  3. Kompor Gas untuk memasak air
  4. Rice Cooker untuk menanak nasi
  5. Panas bumi sebagai sumber energi listik

4. Energi Bunyi

Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari suatu benda yang bergetar. Benda yang bergetar menyebabkan partikel-partikel udara bergetar dan menimbulkan getaran bunyi.

Berikut 10 contoh energi bunyi;

  1. Suara Petir
  2. Suara Gamelan
  3. Suara Klakson Kendaraan
  4. Suaran Kereta Api lewat
  5. Suara Televisi
  6. Suara HP
  7. Suara Bel Listrik
  8. Suara Speaker
  9. Suara Sirine
  10. Suara Lonceng

5. Energi Cahaya

Energi cahaya adalah energi yang diperoleh dari benda yang memancarkan cahaya. Energi cahaya terbesar tentunya cahaya matahari.

Contoh energi cahaya dalam kehidupan sehari-hari; cahaya matahari, cahaya bulan, cahaya bintang, cahaya api, lampu listrik yang menyala.

6. Energi Pegas

Energi pegas adalah energi yang ada pada benda elastis atau lentur. Saat kita berikan gaya pada benda elastis, maka dihasilkanlah energi potensial. Sedangkan saat dilepaskan, maka berubah menjadi energi kinetik.

Contoh energi pegas; Menarik anak panah, menarik ketapel, peer yang terdapat pada spring bed, karet gelang yang ditarik.

7. Energi Kinetik (Gerak)

Energi kinetik adalah energi yang muncul sebab gerak suatu benda. Semakin besar kecepatan benda bergerak, maka semakin besar energi kinetik yang dihasilkan.

5 Contoh energi kinetik ;

  1. Kendaraan berjalan
  2. Ibu mendorong kereta bayi
  3. Bola menggelinding
  4. Air mengalir
  5. Pesawat terbang

8. Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda dikarenakan kedudukan atau posisi terhadap suatu acuan. Biasanya acuannya itu berupa permukaan bumi.

Contoh energi potensial; ayunan, buah di dahan pohon.

9. Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang tersimpan di dalam bahan kimia. Energi ini dihasilkan oleh suatu zat yang membentuk reaksi kimia untuk diubah menjadi energi tertentu. 

Contoh energi kimia; makanan yang kita makan juga mengandung unsur kimia.

10. Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan dari proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi karena rekasi antarpartikel di dalam partikel atom.

Energi yang dihasilkan reaksi nuklir sangat besar sehingga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.

Perubahan Energi

Perubahan energi adalah energi baru yang dihasilkan dari penggunaan enegi sebelumnya. Jadi penggunaan energilah yang menyebabkan perubahan energi.

Contoh Perubahan Energi

  1. Energi litrik menjadi energi gerak. Contohnya kipas angin.
  2. Energi listrik menjadi energi cahaya. Contohnya televisi yang dinyalakan.
  3. Energi listrik menjadi energi suara. Contohnya speaker
  4. Energi listrik menjadi energi panas. Contohnya setrika listrik
  5. Energi cahaya menjadi energi listrik. Contohnya panel surya
  6. Energi angin menjadi energi gerak. Contohnya bermain layangan
  7. Energi gerak menjadi energi bunyi. Contohnya manabuh gamelan
  8. Energi Kimia menjadi energi panas. Contohnya kompor minyak tanah

Sumber Energi


Negara kita sangat kaya akan sumber energi. Sumber energi tersebut tersebar diseluruh pulau Indonesia. Semuanya harus dimanfaatkan dengan bijak demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Sumber energi terbagi 2 bagian, yaitu sebagai berikut;

1. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui artinya apabila digunakan maka lama-kelamaan akan habis.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui berasal dari fosil tumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Sebenarnya, bisa diperbarui tapi dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun.

Contoh Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui adalah pada umumnya minyak bumi dan gas. Contoh lainnya seperti batu bara dan hasil tambang lainnya.

2. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat ditemukan, dibuat, dipulihkan atau muncul kembali tidak ada habisnya.

Sumber energi ini dapat memperbarui diri walau digunakan terus menerus. Ada yang memperbarui sendiri dari alam, ada yang kita usahakan untuk mempertahankan keberadaanya.

Contoh Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.

Energi Alternatif

Energi alternatif adalah energi pengganti dari Sumber Energi yang tidak dapat diperbarui. Jadi semua Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui merupakan energi alternatif.

Kenapa disebut alternatif? Karena selama ini kita ketergantungan kepada sumber energi yang tidak dapat diperbarui sebagai sumber energi primer atau utama. Sehingga kita perlu beralih ke energi cadangan atau alternatif supaya tidak cepat habis dan lebih bersahabat dengan alam.

peta pikiran tentang energi alternatif

Berikut contoh energi alternatif;

1. Energi Matahari

Matahari menghasilkan panas dan cahaya. Energi matahari sering pula disebut energi surya.

Selama ini matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Energi matahari dibutuhkan oleh manusia, hewan dan tumbuhan bahkan alam semesta ini.

Energi Panas yang dihasilkan matahari dapat digunakan untuk menjemur pakaian, memanaskan ruangan dan memanaskan air.

Energi cahaya matahari dapat digunakan sebagai sumber listrik yang dihasilkan dari panel-panel surya.

2. Energi Angin

Energi angin dapat dimanfaatkan untuk memutar turbin listrik. Sehingga menghasilkan listrik melalui alat yang disebut aerogenerator yanag dirangkai pada turbin.

Sejak zaman dahulu masyarakat menggunakan energi angin untuk perahu layer dan kincir angin tradisional.

3. Energi Air

Energi Air adalah energi yang memanfaatkan deras air atau jatuhnya air pada air terjun.

Energi air terjun diubah menjadi energi listrik menggunakan generator pembangkit listrik.

4. Energi Panas Bumi

Energi panas bumi adalah energi dari panas yang disimpan dibawah permukaan bumi. Energi panas bumi disebut juga energi geothermal.

Energi panas bumi dapat menghasilkan energi listrik setelah dialirkan melalui pipa bor yang terhubung ke ketel uap (boiler). Uap akan menggerakkan turbin yang tersambung ke generator. Maka listrik akan dihasilkan dari generator tersebut.

5. Energi Gelombang Laut

Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi gelombang laut dapat diubah menjadi energi listrik.

6. Bahan Bakar Bio

Bahan bakar bio merupakan bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan.

Bahan bakar bio dari tumbuhan disebut biodesel. Biodesel dapat mengantikan solar. Jenis tumbuhannya yang berbiji dan mengandung minyak, misalnya jarak, kelapa sawit, biji bunga matahari, kacang tanah dan kedelai.

Bahan bakar bio yang berasal dari kotoran hewan disebut biogas. Kotoran hewan yang dimasukkan ke dalam lubang  dengan dibantu bakteri akan menghasilkan gas metana. Gas ini bisa sebagai bahan bakar kompor dan kendaraan bermotor.

Demikian artikel tentang energi mulai dari pengertian, jenis energi , perubahan energi sampai energi alternatif. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga
Terbaru Lebih lama
badaruzzaman
Saya seorang Guru kelas di SD Negeri Kandangan Kota 1.

Related Posts

Posting Komentar