15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

5 Bentuk Keberagaman di Indonesia dan Cara Menyikapinya

keberagaman di indonesia

Keberagaman di Indonesia
menjadi daya tarik tersendiri bagi negara dan bangsa Indonesia. Dengan memahami keberagaman yang ada masyakarat Indonesia semakin kokoh persatuan dan kesatuannya.

Suatu hal yang rancu memang, beragam tetapi semakin Bersatu. Inilah yang membuat orang asing penasaran akan hal ini. Mungkin mereka bisa belajar pada bangsa Indonesia.

Artikel ini merupakan rangkuman pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 4 dengan komeptensi dasar ‘mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan’.

Nah, berikut 5 bentuk keberagaman masyarakat masyarakat Indonesia? Sebelumnya itu, kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud keberagaman dan faktor penyebabnya?

Apa Arti Keberagaman

Keberagaman berasal dari kata ‘ragam’ yang menurut kbbi artinya adalah macam atau jenis. Secara Bahasa ragam adalah bermacam-macam.

Beragam lawan kata dari seragam. Beragam itu berbeda macam atau jenisnya. Sedangkan seragam artinya sama macam atau jenisnya.

Ketika kita membahas keberagaman di Indonesia, maka dapat diartikan seperti pada situs resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang.

Apa Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Faktor keberagaman di Indonesia disebabkan oleh 5 hal berikut;

1. Letak Strategis Wilayah Indonesia

Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua. Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Benua Asia dan benua Australia.

Letak strategis ini menjadikan Indonesia sebagai persinggahan dari lalu lintas perdagangan. Para pedagang yang datang dari berbagai negara membawa agama, adat istiadat dan kebudayaannya masing-masing. 

Pendatang itu secara sengaja atau tidak sengaja meenyebarkan agamanya dan sedikit banyaknya mempengaruhi kebudayaan masyarakat Indonesia.

2. Kondisi Negara Kepulauan

Indonesia merupakan negara kepulauan. Berdasarkan rekapitulasi tahun 2004 Indonesia terdiri dari 17.504 Pulau, 7.870 pulau yang bernama dan 9.634 pulau yang belum bernama.

Banyaknya pulau di Indonesia membuat masyarakatnya terpisah dan tersebar menempati satu pulau. Tiap pulau membentuk kesatuan suku bangsa. Tiap suku bangsa memiliki budaya sendiri.

3. Perbedaan Kondisi Alam

Kondisi Alam di Indonesia juga beragama, baik bentuk muka bumi ataupun iklimnya. Masyaraktnya hidup di Pantai, dataran rendah ataupun dataran tinggi. Keadaan alam tersebut mempengaruhi keberagaman masyarakatnya.

Perbedaan kondisi alam di Indonesia ini membuat masyarakat berbeda cara menyikapi cara bertahan hidup. Kondisi ini mempengaruhi pekerjaan, pakaian dan budaya lainnya.

4. Keadaan Transportasi dan Komunikasi

Di satu daerah ada yang sudah maju transportasi dan komunikasinya, tetapi daerah lain belum tentu. Bisa jadi masih ada keterbatasan sarana transportasi dan komunikasi.

Sarana yang terbatas menyulitkan masyarakat berkomunikasi dan berhubungan dengan masyarakat lain. Kondisi ini mempengaruhi keragaman masyarakat di Indonesia.

5. Penerimaan Masyarakat terhadap Perubahan

Masyarakat perkotaan lebih mudah menerima sesuatu yang baru,  baik orang asing atau budaya lain. Sementara orang pedesaan lebih menutup diri untuk menerima sesuatu yang baru.

Apa Saja Keberagaman yang ada di Indonesia?

Berikut adalah 5 bentuk keberagaman di Indonesia;

1. Keragaman Suku Bangsa

Ada banyak suku bangsa yang mendiami dan tersebar di wilayah Indonesia. Dibandingkan dengan negara lain, jumlah suku bangsa Indonesia merupakan yang terbesar di dunia.

Bahkan dalam satu provinsipun memiliki keberagaman suku bangsa. Namun, semua suku bangsa dapat hidup berdampingan.

2. Keragaman Bahasa

Indonesia menempati pososi kedua terbanyak jumlah Bahasa di dunia. Posisi pertama adalah Papua Nugini yang mempunyai 840 bahasa. Indonesia mempunyai 710 bahasa menurut statistik Ethnologue Language of the World.

3. Keragaman Agama

Ada enam agama yang diakui negara. Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu.

Setiap warga negara dijamin haknya untuk meyakini kepercayaan dan memeluk suatu agama yang diakui negara. Pemerintah wajib melindungi kebebasan dan toleransi kehidupan beragama

4. Keragaman budaya

Keragaman budaya di Indonesia meliputi keragaman rumah adat, pakaian adat, tarian daerah, alat musik, makanan  dan kesenian lainnya.

Indonesia mempunyai keragaman rumah adat di setiap daerah antara lain karena Indonesia mempunyai keberagaman suku bangsa. Begitu juga rumah adat, pakaian adat dan budaya yang lain dikarenakan suku bangsa yang berbeda-beda.

5. Keragaman Kegiatan ekonomi

Perbedaan kondisi alam mempengaruhi aktivitas ekonomi masyarakat setempat. Pekerjaan menyesuaikan tempat tinggal.

Diperkotaan ada yang jadi karyawan, buruh pabrik, pedagang dan lain sebagainya. Di pantai ada yang jadi nelayan atau petani garam.

Kegiatan ekonomi dapat kita bedakan berdasarkan geografisnya seperti dibidang kehutanan, pertanian, perikanan, peternakan, pertambangan, industri, dan perdagangan.

Manfaat Keragaman Sosial Budaya Indonesia

toleransi keberagaman

Manfaatnya antara lain adalah:

  1. Menambah kekayaan bangsa Indonesia.
  2. Mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Menambah wawasan masyarakat Indonesia satu sama lain dan menambah wawasan masyarakat luar tentang budaya Indonesia.
  4. Menjadi daya tarik wisatawan, baik masyarakat Indonesia sendiri atau turis asing. 

Dampak Negatif Keragaman Budaya di Indonesia

Dampak negatif muncul karena tidak adanya pemahaman atas keberagaman dalam masyarakat Indonesia. Berikut dampaknya;

1. Terjadi konflik

Rentan terjadinya konflik baik antas suku, maupun antaragama.

2. Disintegrasi bangsa

Disintegrasi atau perpecahan abngsa ini terjadi karena adanya konflik sosial dalam  masyarakat karena kesenjangan ekonomi, stasus ras, suku, agama dan perbedaan kebudayaan.

3. Semangat nasionalisme yang berlebihan

Merasa bangga dengan kekayaan budaya bangsa maka bisa menyebabkan nasionalisme yang berlebihan sehingga memandang rendah bangsa lain.

4. Menjadi hambatan pemerintah dalam menetapkan kebijakan

Keberagaman akan menghambat usaha pembangunan dalam pemerataan Sumber Daya manusia, sarana atau prasarana. Hal ini harus dicarikan solusi yang tepat.

Sikap Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Sikap menjaga persatuan dalam keragaman dimulai dari diri sendiri. Apabila diri sendiri sadar maka akan meluas ke lingkup masyarakat.

Adapun sikap yang harus kita jaga adalah;

1. Toleransi dan saling menghormati

Mengapa sikap toleransi sangat penting dalam keragaman bangsa Indonesia? Karena dengan toleransi maka kerukunan hidup akan terjalin. Berdampingan dengan damai maka segala aktifitas, bekerja dan beribadah dengan tenang karena merasa aman.

Contohnya toleransi dalam beragama seperti tidak menghina teman yang berbeda agama.

2. Menghargai kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia

Keragaman budaya merupakan asset penting bangsa. Banyak wisatawan dari berbagai negara datang untuk melihat dan mempelajarinya. Karena itu marilah kita saling menjaga dan menghargai perbedaan kebudayaan yang ada di negara kita.

Baca juga
badaruzzaman
Saya seorang Guru kelas di SD Negeri Kandangan Kota 1.

Related Posts

Posting Komentar